Beli Kaca Dari Toko Kaca Terkemuka Untuk Terhindar Dari Kerumitan Memotong Kaca

cara memotong kaca

Memiliki pikiran untuk beli kaca lembaran dan memotong sendiri agar hemat biaya? Disarankan jangan, kenapa? dibutuhkan keahlian bahkan berpengalaman dalam melakukannya. Tetapi jika tetap mau mencoba, maka artikel ini menjelaskan bagaimana cara memotong kaca sendiri.

Hampir semua rumah atau gedung pasti memiliki kaca, tidak hanya untuk struktur bangunan tetapi juga digunakan sebagai furnitur dan aksesoris. Dengan keperluan tertentu, kaca yang berukuran besar harus di potong-potong sehingga menjadi bagian yang tidak terlalu besar atau kecil-kecil. Tahukah Anda bagaimana cara dan proses pemotongannya?

Sebenarnya ini bukan hal rumit yang pusing untuk Anda pikirkan, bahkan kaca dengan berukuran besar sekalipun bisa Anda lakukan dengan peralatan yang dinamakan glass cutter (pemotong kaca). Alat ini terbuat dari intan dan ujung agak tajam, bentuknya yang seperti pulpen tentu membuat Anda mudah menggunakannya.

Berikut cara pemotongan kaca yang benar:

Tempat, pada saat Anda memotong kaca Anda harus menekan kaca tersebut agar pemotong kaca semakin kuat dan jangkauan tangan menjadi lebih luas. Tidak perlu khawatir kaca akan pecah karena terinjak asalkan permukaan alas yang Anda gunakan rata. Maka letakkan kaca yang akan di potong di atas meja atau dilapisi dengan karpet. 

Alat, penggaris kayu dibutuhkan sebagai landasan ketika menggarit selain Anda harus menyediakan pemotong kaca tentunya. Pastikan seluruh permukaan mempunyai tekstur yang halus dan rata karena kalau tidak halus atau rata Anda akan menemukan kesulitan yaitu permukaan tersendat sehingga menimbulkan tonjolan atau berbelok. Parahnya kaca tersebut bisa berisiko pecah.

Saat memindahkan kaca, jangan salah! Untuk memindahkan kaca juga ada aturan yang harus Anda ikuti, bila salah kaca akan pecah menjadi berkeping-keping dan membuat kaca tersebut tidak bisa digunakan lagi. Sebaiknya kaca diangkat dalam posisi miring bukan secara tegak, disarankan untuk tidak menggunakan bahan kain misalnya sarung tangan karena bisa membuat kaca mudah jatuh. 

Saat memotong kaca, Sebelum Anda memulai memotong kaca. Pastikan alat yang anda ingin gunakan masih berfungsi dengan baik. Buat garis pola terlebih dahulu sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. Gores secara hati-hati namun pasti persis pada garis pola menggunakan pemotong kaca. Lalu Anda hanya tinggal mencermati struktur kacanya dan mulai memotongnya.

cara memotong kaca

Jika Anda memikirkan lebih susah mana memotong kaca yang kecil atau yang besar? Jawabannya sudah pasti yang besar. Kenapa? Sama halnya dengan memotong kaca yang tipis akan terasa lebih sulit dibandingkan yang cukup tebal. Ini karena jangkauan kaca yang berukuran besar terbilang luas sehingga kadang alat pemotong kaca akan terhenti di tengah jalan. Sedangkan kaca yang tipis mudah sekali pecah apabila mendapatkan tekanan yang terlalu kuat.

Layaknya memotong kertas, memotong kaca bukan hanya sekedar menggores atau menggarit permukaan kaca tersebut. Jika Anda memang takut melakukan pemotongan kaca sendiri Anda tidak perlu khawatir tinggal datang saja ke toko kaca yang menawarkan jasa pemotongan kaca. Biasanya toko kaca yang sudah memasarkan produknya secara luas juga memiliki fasilitas jasa pemotogan kaca tersebut. Bahkan Anda bisa mengcustom bentuk sesuai keinginan Anda salah satunya Anda bisa menghubungi toko kaca Varia Jaya Mandiri untuk harga kaca termurah, salah satu toko kaca terpercaya langganan perusahaan besar seperti Bank BCA dan istana negara. Mereka menyediakan jasa pemotongan kaca, custom kaca dan aluminium terbaik dan terpercaya.